Perayaan DBL Tahun 2012 di Samarinda


Assalamu'alaikum Wr Wb

       Pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan sedikit tentang saran-saran saya untuk Perayaan DBL Tahun 2012 yang berlangsung tepatnya di Samarinda, Kalimantan Timur. Terdapat banyak sekali perlombaan yang akan dilaksanaakan pada saat Perayaan DBL nanti, antara lain adalah Perlombaan Basket Ball, Cheerleaders, Supporter TerDahsyat dan yang terakhir adalah Lomba Band. Tentunya saya tidak membahas semuanya, saya hanya membahas satu dari itu semua yaitu Lomba Band. Kenapa saya memilih lomba Band ? Karena saya pecinta musik, hehe :D. Baik langsung saja saya bahas tentang sedikit saran saya tentang Perayaan DBL Khususnya Perlombaan Band
       Saat Peringatan DBL 2012 yang berlangsung di Samarinda nanti, pasti banyak sekali generasi-generasi penerus yang mencintai musik dan tentunya juga banyak yang mempunyai bakat dalam seni terutama seni musik. Tidak sedikit sekarang Band-Band yang beranggotakan siswa - siswi sekolah sebagai personil dari sebuah Band, apalagi jika sudah menginjak bangku SMA pasti jati diri mulai terbentuk dan tidak sedikit juga siswa - siswi sekarang yang pintar dalam bermain musik. Dengan bakat yang dimiliki tentunya anak remaja - remaja ingin mencoba hal - hal baru dalam mencari jati dirinya, salah satunya dengan membentuk sebuah GRUP BAND karena bakat yang dimiliki masing-masing anak. Setelah Grup Band terbentuk, dan setiap personil sudah mantap dengan posisi dia di dalam Band yang dia bentuk, maka ada rasa keinginan untuk menciptakan sebuah lagu yang nantinya menjadi daya tarik dalam Band Tersebut. Saya yakin kalau di Samarinda ini terdapat banyak sekali siswa dan siswi yang berbakat dalam bidang Seni Musik dan saya yakin kalau banyak yang sudah membentuk suatu Grup Band walaupun biasanya masih menyanyikan lagu dari Grup Band ternama di Indonesia atau Luar Negeri. Dalam memperingati DBL 2012 yang berlangsung di Samarinda nanti pasti tidak sedikit Grup Band yang ingin mengikuti Perlombaan tersebut dengan harapan bisa memenangkan perlombaan dan mengetahui skil skil dari Band - Band lain yang mengikuti Perlombaan itu. Tetapi terdapat banyak kendala yang biasanya terjadi pada Band - Band indie, yaitu antara lain selain dari Skil dan mental yang dimiliki, tetapi juga fasilitas dan motivasi yang harus mereka dapatkan.
       Tidak diragukan lagi kalau Skil skil dari anak - anak sekarang dalam bermain alat musik sangat hebat. Tapi apakah cuma skil saja yang dibutuhkan ketika tampil di Perlombaan Band yang disaksikan banyak sekali penonton. Tenntunya mental yang kuat harus mereka miliki ketika sedang tampil, jangan sampai Gerogi menjadikan konsentrasi menjadi hancur. Anggap sajalah penonton itu menyukai apa yang kalian nyanyikan, karena jika penampilan kalian bagus, suara yang dan kekompakan yang bagus, maka penonton pasti akan terbawa dengan suasana kegembiraan karena kalian berhasil menyanyikan sebuah lagu dengan kekompakan dari setiap personil. Jadi tidak usah takut kalau penonton tidak menyukai lagu anda. Biarpun terdapat perbedaan aliran antara beberapa penonton dengan lagu yang kalian nyanyikan, jika kalian menyanyikan dengan baik dan kekompakan diantara personil-personilnya bagus maka penonton juga akan menikmati lagu itu dan pasti dia akan senang. Tidak sedikit Band - Band dan penontonya yang memiliki aliran musik yang sama, semisal sama-sama menyukai aliran musik POP. Jika suatu band menyanyikan sebuah lagu tanpa ada kekompakan dari masing-masing personil bandnya, pasti penonton yang menyukai lagu tersebut menjadi kecewa karena band yang menyanyikan lagu itu tidak ada kekompakannya dan terlihat sangat buruk. Jadi tidak usah terlalu mempersoalkan tentang Aliran Musik, lebih konsentrasi saja pada penampilan yang akan kalian tampilkan ketika sedang manggung. 
       Hal berikutnya yang harus dibutuhkan dari Band untuk berpenampilan maksimal adalah peralatan band yang bisa dibilang lengkap. Karena jika peralatan band yang tidak lengkap pasti ada yang kurang ketika band - band sedang menampilkan lagunya. Selain itu juga harus ada yang mengontrol jalannya kegiatan Perlombaan band berlangsung dan orang yang menjaga harus benar-benar professional dalam bidang itu. Bayangkan saja jika saat tampil tiba-tiba salah satu microphon yang digunakan untuk menyanyi tidak bunyi. Itu adalah mimpi buruk bagi band itu, dan rasanya pasti tidak enak sekali. jadi fasilitas yang diberikan harus mendukung agar pelaksanaan band tetap berlangsung dengan lancar hehe. Selain itu juga perlu adanya motivasi yang membuat Peserta band menjadi lebih semangat dalam bertanding semisal dengan memberikan hadiah yang tidak hanya itu-itu saja ! Sekarang biasanya jika memenangkan perlomabaan akan diberi Piala dengan Uang. Harusnya ada hadiah yang lebih dari itu agar peserta yang menang dapat meneruskan bakatnya di bidang Seni Musik. Hadiah yang dapat diberikan oleh Panitia kepada pemenang dapat dengan cara memberikan kesempatan untuk peserta yang menang yaitu sebuah Rekaman Lagu yang nantinya akan bisa didengar oleh banyak orang dan tidak hanya saat perlombaan sedang berlangsung saja, tetapi setiap saat ketika ingin mendengarkan lagunya karena peserta yang menang tadi sudah rekaman dan lagu hasil rekaman mereka dapat diedarkan. Untuk masalah mendapatkan uang dari hasil rekaman itu jangan terlalu dipikirkan, yang terpenting adalah banyak orang yang mendengarkan lagu kalian. Itu adalah kenikmatan tersendiri dalam sebuah band ketika lagunya didengarkan oleh orang lain. Siapa tau nasipnya nanti menjadi band papan atas ! dengan adanya motivasi seperti itu, peserta akan lebih bersemangat dalam mengikuti lomba itu, dan bakat mereka tidak hanya berhenti gitu aja, tapi terus diasah dan lama kelamaan seperti Pisau yang tajam hehehe. pasti para pemenang tidak merasa bosan dengan hadiah yang itu itu aja hehe.
       Jadi menurut saya, bukan hanya Skil saja yang dibutuhkan untuk menampilkan sebuah Grup band, tetapi juga mental yang mantap, fasilitas yang mendukung dan motivasi yang juga sangat berperan penting dalam semangat para peserta perlombaan band. Itu hanya saran saya, jika ada salah mohon maaf yang sebesar-besarnya karena saya hanyalah manusia biasa yang tak lepas dari kesalahan. hehehe untuk Acara DBL yang akan berlangsung 1 minggu lagi semoga berjalan dengan lancar dan acara sangat meriah, dan tentunya tidak kalah meriah dengan kota-kota lain di Indonesia ! hehe tunjukan kalau Kota Samarinda tidak mau kalah meriah dengan kota-kota lainnya ! Mohon maaf sekali lagi jika terdapat kesalahan penulisan dalam postingan ini, hehe dan yang terakhir adalah Semoga SMAN 1 Samarinda bisa mempertahankan Gelar Juara untuk Team Basket Putri karena mempertahankan itu lebih susah daripada merebut. Dan untuk Teem Basket Putra, rebutlah Gelar Juara dari Sekolah lain, tunjukan kalau kalian bisa. Jangan sia-siakan latihan yang selama ini kalian lakukan, harus semangat. Banyak sekali waktu yang digunakan untuk latihan jadi Harus berusaha sekuat tenaga demi Nama Baik SMAN 1 Samarinda yang tercinta. Kami di sini mendukung kalian semua, go go go go !!
       Sekian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, kurang lebihnya mohon maaf ya ? hehe

Wassalamu'alaikum Wr Wb

0 Comment "Perayaan DBL Tahun 2012 di Samarinda"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan dan tanpa menyisipkan link hidup atau iklan, terima kasih.